Search This Blog

Aug 10, 2015

Keajaiban, Keistimewaan, Manfaat Puasa Senin dan Kamis

💬 : 3 comments

Perintah Sunnah Menjalankan Ibadah Puasa Senin dan Kamis

Puasa Senin dan Kamis adalah puasa yang paling sering dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana sabda Rasulullah dari Abu Hurairah:

"Bahwasanya Rasulullah SAW adalah orang yang paling banyak berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Ketika ditanya tentang alasannya, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya segala amal perbuatan dipersembahkan pada hari Senin dan Kamis, maka Allah akan mengampuni dosa setiap orang muslim atau setiap orang mukmin, kecuali dua orang yang bermusuhan. Maka Allah berfirman, "Tangguhkan keduanya." (HR. Ahmad).

"Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa." (HR. Tirmidzi).

Bahkan setiap amalan puasa akan mendapatkan ganjaran 10 kali lipat dari Allah, hal ini sudah dijanjikan oleh Allah SWT dalam sebuah hadits Qudsi-Nya:

"Puasa itu milik-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Dan kebaikan itu akan dilipatgandakan sebanyak 10 kali lipat." (HR. Bukhari dan Abu Daud).

Hadits Puasa Senin dan Kamis - Keajaiban Keistimewaan Manfaat Puasa Senin-Kamis - Perintah Sunnah Menjalankan Ibadah Puasa Senin dan Kamis. Keistimewaan Puasa Senin Kamis. Manfaat Puasa Senin-Kamis Bagi Kesehatan Jasmani. Puasa Senin Kamis Menurut Tokoh Terkemuka dan Ilmuan. Pengakuan Para Ilmuwan Barat Tentang Puasa Senin dan Kamis.

Keistimewaan Puasa Senin Kamis


  • Surga Balasannya Di Akhirat
  • Terhindar dari Siksa Api Neraka
  • Menjadi Penolong pada Hari Kiamat
  • Menanamkan Kedekatan Diri pada Allah SWT

Manfaat Puasa Senin-Kamis Bagi Kesehatan Jasmani


  1. Memberikan kesempatan istirahat kepada alat pencernaan. Karena pada hari saat kita tidak berpuasa alat penceranaan di dalam tubuh bekerja sangat keras, dan pada saat puasalah alat pencernaan tersebut beristirahat.
  2. Membersihkan tubuh dari racun dan kotoran (detoksifikasi). Dengan puasa Senin-Kamis, berarti membatasi kalori yang masuk dalam tubuh kita sehingga menghasilkan enzim antioksi dan yang dapat membersihkan zat-zat yang bersifat racun dan karsinogen dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.
  3. Mencegah penyakit yang timbul karena pola makan yang berlebihan gizi, yang belum tentu baik untuk kesehatan seseorang. Kelebihan gizi atau overnutrisi mengakibatkan kegemukan yang dapat menimbulkan penyakit degeneratif seperti kolesterol dan trigliserida tinggi, jantung koroner, kencing manis (diabetes mellitus), dan lain-lain.

Puasa Senin Kamis Menurut Tokoh Terkemuka dan Ilmuan

BJ Habibie mantan Presiden Republik Indonesia

"Bagi Saya puasa senin-kamis merupakan salah satu kunci sukses dalam kehidupannya."

Prof. Dr. Ir Amin Aziz, pendiri Bank Muamalat, ICMI, Baitul Mal watta'wil (BMT) dan Partai Amanat Nasional (PAN)

"Saya rutin puasa senin kamis dan sholat tahajjud sudah puluhan tahun. Alhamdulillah kedua ibadah sunah di atas berdampak positif dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi saya"

Muhammad Arifin Ilham Pimpinan Majlis Az Zikra

"Sejak muda Saya selalu rajin puasa sunah senin kamis. Saya selalu mengamalkan tujuh sunnah harian rasulullah SAW, dan salah satunya yaitu puasa sunnah senin kamis."

Pengakuan Para Ilmuwan Barat Tentang Puasa Senin dan Kamis

Puasa pada hari Senin dan Kamis juga diakui oleh beberapa orang Ilmuwan dari Barat seperti Allan Cott M.D (Amerika), Dr. Yuri Nikolayev (Rusia) dan Alvenia M. Fulton (Amerika).

Allan Cott M.D bahkan telah membukukan beberapa hikmah dari puasa ke dalam sebuah buku yang berjudul Why Fast?

  1. To feel better physically and mentally (merasa lebih baik secara fisik dan mental)
  2. To look and fell younger (supaya terlihat dan merasa lebih muda)
  3. To clean out the body (membersihkan badan)
  4. To lower blood pressure and cholesterol levels (menurunkan tekanan darah dan kadar lemak)
  5. To get more out of sex (lebih mampu mengendalikan sex)
  6. To let the body health itself (membuat tubuh sehat dengan sendirinya)
  7. To relieve tension (mengendorkan/ melepaskan ketegangan jiwa)
  8. To sharp the senses (menajamkan fungsi indrawi)
  9. To gain control of oneself (memperoleh kemampuan mengendalikan diri sendiri)
  10. To slow the aging process (memperlambat proses penuaan)

Sementara itu, Dr. Yuri Nikolayev berpendapat bahwa kemampuan puasa yang bisa membuat seseorang menjadi awet muda adalah sebagai suatu penemuan terbesar abad ini. Beliau mengatakan:

"What do you think is the most important discovery in our time? The radioactive watches? Exocet bombs? In my opinion the bigest discovery of our time is the ability to make onself younger phisically, mentally and spiritually through rational fasting."

Alvenia M. Fulton, Direktur Lembaga Makanan Sehat "Fultonia" di Amerika Serikat menyatakan bahwa puasa adalah cara terbaik untuk memperindah dan mempercantik perempuan secara alami. Puasa menghasilkan kelembutan pesona dan daya pikat. Puasa menormalkan fungsi-fungsi kewanitaan dan membentuk kembali keindahan tubuh

"Fasting is the ladies best beautifier, it brings grace charm and poice, it normalizes female functions and reshapes the body contour"

Ketiga orang Ilmuwan Barat itu, bahkan mengakui kehebatan dari puasa. Mengapa kita yang muslim justru terkadang melalaikannya? Padahal jelas sekali Rasulullah telah bersabda seperti di atas tersebut.

http://www.kaskus.co.id/thread/528b52faa4cb178577000007/keajaiban-puasa-senin-kamis

3 comments:

  1. Masukkan komentar Anda... Assalamualaikum.. Kenapa saya sdh sekitar 10 thn agak rajin ibadah (tahajud, puasa, dzikir dll) tapi nasib saya tdk berubah, tetap suram. Saya nganggur dan jomblo sngt lama, lbh dari 10 thn sampai skrng. Nyari jodoh dan rejeki rasa nya semakin sulit krn umur semakin tua. Dulu saat saya msh kerja di perantauan saya sering dihina teman, dibodohi teman, dimanfaatkan teman dll.. selain itu saya kalau kerja gampang capek, mata berkunang, nafas sesak, dada sakit, badan lemas dll.. shg saya mengundurkan diri dari perusahaan. Dulu saat saya msh giat nyari jodoh saya sering ditolak wanita, diremehkan wanita, ditipu teman, difitnah teman, dihajar org dll.. shg saya sering gagal dpt jodoh. Saya di kampung buka usaha kecil kecilan tp hasil nya tdk seberapa malahan akhir nya bangkrut. Mungkin krna saya org nya nampak bodoh dan lemah shg saya mengalami nasib spt ini. Yg bkin saya nampak bodoh dan lemah krn saat msh kecil saya sering sakit sakitan. Yg bkin saya sering sakit sakitan, kata seorg kyai dan menurut pendapat ayah saya, semua krn dampak ilmu kesaktian alm. kakek dan alm. uwa saya alias non medis. Org2 di sekitar saya, mrk jarang ibadah dan rajin maksiat tp mrk gampang dpt jodoh dan rejeki, krna mrk enerjik, tegas, percaya diri, pandai bergaul, pintar bicara dll. Beda dg saya yg pendiam, pemalu, minder, kuper dll. Dulu guru SMA saya ada yg bilang otak dan tenaga saya payah spt tdk pernah diimunisasi, ayah saya bilang saya spt org cacat mental, atasan saya ada yg bilang otak dan tenaga saya tdk memenuhi syarat utk bekerja, adik saya bilang saya tdk berguna, pak lik saya bilang saya org bodoh, teman2 saya ada yg bilang saya bodoh dan lemah, ada yg bilang saya org aneh, ada yg bilang saya manusia setengah jadi, ada yg bilang saya tdk punya masa depan dll.

    ReplyDelete
  2. AnonymousJune 25, 2018

    Nama anda guffit vestian kurang hokky,
    coba ganti nama anda menjadi
    Muhammad Vestian
    hilangkan nama Guffitnya
    InsyaAllah nasib anda akan beruban
    Amin YRA.

    ReplyDelete
  3. AnonymousJune 25, 2018

    *Edit : berubah.

    ReplyDelete